Peran Teknologi 5G, Dari Internet Hingga Dunia Industri

Posted on

Dewasa ini, perkembangan teknologi kian mempengaruhi kehidupan kita layaknya manusia yang hidup di zaman milenial. Seiring berjalannya waktu, tak dapat dibendung dengan alasan apapun bahwa kebutuhan manusia kian meningkat pesat. Maka sudah tak heran lagi bila peran teknologi 5G sudah menjadi tren di berbagai kalangan.

Teknologi 5G adalah sebuah jaringan komunikasi generasi kelima. Dengan kata lain merupakan jaringan komunikasi terbaru saat ini. Namun, sangat disayangkan, tidak semua negara dapat serta merta menggunakan dan memanfaatkan peran dari adanya teknologi ini.

markey.id

Bagaimana Peran Teknologi 5G Saat Ini?

Banyak alasan mengapa teknologi 5G belum bisa diterapkan di sejumlah negara. Satu diantaranya, negara tersebut belum mampu mendukung model bisnis 5G ini. Kita ambil saja contoh dari beberapa negara maju seperti Tiongkok serta Korea Selatan.

Di kedua negara tersebut, mereka sudah dapat menggunakan sekaligus menikmati layanan serta manfaat dari adanya peran teknologi 5G. Bahkan, negara Korea Selatan sendiri telah menjadi negara pertama kali yang menggunakan layanan 5G secara komersial. Dimana hal tersebut disediakan oleh LG Uplus, KT, serta SK Telecom.

Pada dasarnya, teknologi 5G ini dapat diperankan dengan berbagai teknologi yang lainnya di kehidupan kita sehari-hari. Pastinya anda penasaran bukan, bagaimana teknologi ini diperankan? Serta bagaimana dampaknya bagi kehidupan?

Teknologi 5G dengan AI Sebagai Ekstraksi Nilai Dari Sebuah Data

Adanya teknologi 5G memungkinkan era bisnis saat ini dapat digerakkan oleh AI selanjutnya. Hal ini didukung dengan pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam dengan memanfaatkan data dalam jumlah yang besar, serta penalaran secara kognitif.

Tentunya hal ini dilakukan dengan jaringan yang sangat luas. Dengan cara ini, akan membuka wawasan melalui peluncuran Edge, jaringan inti, serta AI di Cloud.

Teknologi 5G Berperan Sebagai Internet yang Lebih Efektif

Tentu saja peran teknologi 5G, memberikan pengalaman penggunaan internet yang lebih canggih dan juga efektif. Pada dasarnya, teknologi 5G merupakan perpaduan dari seluruh teknologi nirkabel yang ada. Proses penyatuan jaringan ini terdiri dari 25G, 3G, 4G, Wi-Fi, atau LTE.

Gabungan jaringan-jaringan ini akan mengubah cara kita dalam berkomunikasi serta berinteraksi dengan dunia luar. Selain memberikan internet yang lebih efektif, adanya teknologi 5G ini juga membuat internet semakin perspektif serta efisien. Setiap perangkat maupun jaringan IoT akan menggunakannya dengan apa yang dibutuhkan dan ketika membutuhkannya.

Teknologi 5G dengan Edge yang Mampu Mendistribusikan Komputasi Kuat

Penyediaan sebuah layanan digital yang dilakukan secara intens serta komputasi dengan latensi rendah, berasal dari pusat data yang tersentralisasi dan jauh dapat menjadi sebuah tantangan. Peran yang diberikan oleh teknologi 5G dengan komputasi Edge ini akan membawa banyak dampak yang dapat mempengaruhi.

Seperti halnya, memfasilitasi transfer data yang dilakukan secara cepat, akan membawa pemrosesan tingkat pusat data yang jauh lebih kuat dan semakin dekat dengan perangkat endpoint. Bukan hanya itu saja, peran teknologi 5G juga akan mempercepat penyediaan layanan, meningkatkan kualitas pengalaman, serta mengurangi latensi aplikasi.

Teknologi 5G di Dalam Dunia Fintech

Kita beralih ke Indonesia, saat ini perkembangan industri digital yang ada di Indonesia telah melalui layanan yang ditawarkan oleh para perusahaan rintisan. Paling banyak yang memberikan tawaran adalah fintech dan juga e-commerce. Layanan fintech yang paling berkembang di Indonesia saat ini yaitu pembayaran digital serta P2P Lending.

Akan tetapi, negara Indonesia sendiri masih membutuhkan banyak waktu untuk benar-benar menghadirkan dan memanfaatkan layanan jaringan 5G yang dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat luas.

Jika teknologi 5G dapat direalisasikan dengan sangat baik di Indonesia, maka salah satu industri yang diyakini akan memperoleh dampak besar yaitu pada sektor fintech. Jika hal ini sampai terjadi, maka terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Satu diantaranya adalah pihak bank atau layanan keuangan dalam membuka cabang pintar yang baru, dimana dapat terhubung dengan IoT seperti halnya ATM Pintar.

Peran teknologi 5G memang dapat merubah pola pikir hingga kebiasaan hidup kita semakin lebih canggih. Bahkan segala bidang pun dapat menggunakan teknologi 5G dengan baik untuk mencapai tujuan tertentu.