Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Mudah dan Cepat

Posted on

Laptop dapat mengalami kerusakan kapan saja dan dimana saja. Pada umumnya laptop akan mengalami kerusakan awal, yakni hang atau not responding. Masalah tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas penggunaan laptop anda. Terutama jika masalah tersebut terjadi pada saat laptop anda gunakan untuk mengerjakan tugas atau sebuah pekerjaan. Hal ini tentu sangat menghambat kerja anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui penyebab serta cara mengatasi laptop hang agar masalah tersebut tidak berkepanjangan.

Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Mudah dan Cepat
keepo.me

Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Mudah dan Cepat

Penyebab laptop sering mengalami hang perlu anda ketahui, sehingga dapat lebih mudah dan cepat untuk diatasi. Laptop yang mengalami hang dapat terjadi kapan saja. Ketika laptop mengalami hang, maka akan muncul pesan not responding. Hal lain yang mungkin dapat terjadi adalah kursor yang tiba-tiba macet tidak bisa digerakkan. Atau bahkan layar laptop kosong serta tidak dapat digunakan lagi.

Faktor Penyebab Laptop Mengalami Hang

Di bawah ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya hang pada laptop:

File Temporary yang Terlalu Lama Disimpan

Hal ini menjadi salah satu penyebab laptop menjadi hang. Disarankan untuk anda agar selalu mengecek file-file yang telah tersimpan cukup lama pada memory laptop. Selanjutnya, anda dapat membersihkannya untuk menghindari terjadinya hang pada laptop anda.

Terlalu Banyak Aplikasi

Bagi anda yang suka sekali menginstal beragam aplikasi pada perangkat anda, hal ini dapat menyebabkan hardisk semakin penuh. Hal ini tentu dapat membuat laptop menjadi lemot serta menyebabkan hang. Oleh karena itu, sebaiknya anda menginstal aplikasi yang benar-benar anda butuhkan sehingga tidak membuat hardisk anda cepat penuh.

Kapasitas Memory yang Minim

Pada laptop yang memiliki RAM kecil, sebaiknya anda tidak menggunakan aplikasi yang berukuran besar. Hal ini akan menyebabkan perangkat sangat berat dalam menjalankan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, sebelum anda menginstal sebuah aplikasi, sebaiknya mengetahui spesifikasi minimum yang terdapat pada perangkat anda.

Adanya Malware atau Spyware

Adanya gangguan virus pada laptop adalah hal yang sering terjadi yang dapat mengganggu kinerja perangkat. Virus komputer dapat menyerang dari mana saja, bisa dari internet atau yang lainnya. Untuk mencegah adanya virus yang masuk ke dalam laptop, anda dapat menggunakan antivirus pada perangkat anda.

Hardware yang Overheat

Hal ini dapat terjadi pada hardisk, CPU, VGA Card, serta prosesor. Secara umum, masalah ini dapat memberatkan laptop sehingga menurunkan kinerja laptop tersebut yang akan berujung dengan terjadinya hang pada laptop. Oleh karena itu, pastikan suhu perangkat dalam keadaan yang stabil. Hal ini dapat anda lakukan dengan menggunakan kipas angin khusus laptop pada bagian CPU agar memperoleh sirkulasi udara yang cukup serta dapat berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah hang yang terjadi pada laptop:

Menghentikan Program yang Macet Menggunakan Task Manager

Ini adalah cara termudah untuk mengatasi software yang mengalami macet yang disebabkan oleh RAM yang penuh. Caranya dengan klik Ctrl+ALT+Del. Selanjutnya, pilih Task Manager. Jika sudah masuk pada Task Manager, maka anda dapat mencari program yang menyebabkan laptop anda lemot. Selanjutnya, pilih software yang paling banyak memakan RAM, kemudian klik End Program.

Matikan Laptop Secara Paksa

Apabila laptop mengalami hang serta tidak ada respon sama sekali, maka cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan perangkat secara paksa. Anda cukup menekan tombol power pada laptop hingga laptop tersebut mati. Kemudian anda dapat menyalakan kembali laptop tersebut hingga bisa menyala. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan, kecuali dalam keadaan mendesak yang mengharuskan anda melakukan cara tersebut.

Masukkan Ke Safe Mode

Anda dapat masuk ke Safe Mode dengan mudah, yakni dengan mematikan laptop terlebih dahulu. Masuk ke Safe Mode, anda akan dibawa pada sistem operasi dasar Windows. Hal ini berarti semua perangkat pihak ketiga serta software jenis lain tidak dapat digunakan.

Untuk masuk ke dalam Safe Mode, caranya adalah dengan menyalakan laptop, kemudian tekan F8. Masing-masing laptop memiliki cara masuk Safe Mode yang berbeda. Perbedaannya hanya pada cara memasukkannya yang dapat menggunakan tombol F1 hingga F12.

Masih banyak lagi cara mengatasi laptop hang yang cukup efektif. Sebelum menggunakan cara-cara tersebut, anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop anda menjadi hang. Sehingga masalah tersebut dapat teratasi secara tepat.