Cara Membuat Pengingat di Android Cepat dan Mudah Tanpa Ribet

Posted on

Cara membuat pengingat di Android itu ternyata tidak sulit. Sebab saat ini sudah banyak aplikasi Android yang punya fitur sebagai memo, catatan, catatan pengingat, atau to do list.

Membuat jadwal atau wacana acara penting untuk dilakukan. Ini bertujuan supaya anda tidak lupa dengan aktivitas dan kegiatan yang sudah direncanakan.

Sekarang, anda tak perlu menulisnya di kertas dan menempelkannya di tembok. Lewat smartphone Android, anda sudah bisa membuat pengingat dengan mudah.

Di dalam smartphone Android banyak ditawarkan fitur menarik. Termasuk media atau aplikasi untuk membuat pengingat atau reminders.

Cara Membuat Pengingat di Android Cepat dan Mudah Tanpa Ribet
selular.id

3 Cara Membuat Pengingat di Android

Saat anda ingin mempunyai fitur pengingat di smartphone, maka anda dapat memanfaatkan yang namanya Google Assistant serta Widget Google Search. Keduanya sudah menerapkan fitur cerdas dari Google Now.

Google Assistant

Anda bisa melakukan langkah pertama menggunakan Google Assistant ini dengan menyiapkan smartphone Android. Kemudian tekan dan tahan tombol Home supaya bisa memunculkan Google Assistant.

Selain itu, anda juga bisa tap ikon yang terdapat di widget Google Search Bar. Jika di smartphone Android One, anda dapat memanfaatkan perintah OK Google bila ingin memanggil Google Assistant.

Perintahkan pasang Google Assistant dengan mengucapkan kata ingatkan saya, buat janji atau buat pengingat. Dari sini anda bisa menentukan tanggal serta jam yang nanti akan dibuat menggunakan perintah suara tersebut. Misalnya, “Ingatkan saya meeting besok pagi pukul 9″.

Google Assistant akan mencatat dan menyimpan reminder atau pengingat yang sudah dibuat. Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat pengingat di Android ini?

Menambahkan Pengingat di Google Kalender

Dengan Google Kalender yang ada di smartphone Android, maka anda bisa menambahkan pengingat. Pengingat bisa diperpanjang dari hari berikutnya hingga anda tandai sebagai selesai.

Misalnya bila pengingat dalam reservasi hotel dibuat, maka anda akan melihat pengingat ini setiap hari sampai ditandai saat selesai.

Pengingat ini akan sifatnya pribadi dan tidak bisa dibagikan dengan orang lain. Untuk bisa membuat pengingat tersebut, maka terlebih dahulu anda buka aplikasi pada Google Kalender.

Selanjutnya, di sudut kanan bawah, anda tap Buat Acara, lalu pilih Pengingat. Ketik mengingat anda dan pilih saran. Dilanjutkan dengan memilih tanggal, waktu, serta frekuensi.

Pada bagian kanan atas, anda tap Simpan. Dari sana anda akan melihat pengingat pada aplikasi Google Kalender. Saat anda menandai pengingat tersebut selesai, maka pengingat akan dicoret dalam aplikasi Google Kalender.

Pengingat akan tetap ada pada tanggal ketika ditandai sebagai selesai. Anda juga bisa membuka pengingat di Keep, Inbox, dan Google Map.

Menggunakan Widget Google Search

Salah satu cara membuat pengingat di Android adalah dengan menggunakan Widget Google Search. Caranya sangat mudah. Anda tinggal siapkan smartphone Android.

Kemudian ketik kata kunci “Ingatkan saya”, “Buat pengingat”, maupun “Set pengingat atau set reminder”. Lalu anda bisa tap Search.

Dari hasil pencarian tersebut, muncul form yang dapat mengatur reminder atau pengingat. Dari sana, anda dapat melengkapi form dengan informasi tentang judul pengingat, waktu, dan tempat.

Kemudian anda bisa tap Reminder me in Google Now. Dengan demikian, pengingat atau reminder anda sudah bisa dibuat. Anda akan diingatkan tentang aktivitas dan jadwal yang sudah anda tuliskan di sana.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat pengingat di Android seperti yang sudah dijelaskan tadi? Selamat Mencoba!