Panduan Cara Membuat Lamaran Lewat Email Yang Benar

Posted on

Di era modern ini kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Sampai-sampai untuk mengirim surat lamaran kerja saja bisa menggunakan surat elektronik (email). Bagaimana cara membuat lamaran lewat email yang benar. Tak jarang perusahaan besar sering mengabaikan lamaran yang masuk di email mereka.

Namun tak jarang dari anda ada yang belum bisa mengirim lamaran lewat email, baik dari smartphone maupun laptop. Untuk itu, sebaiknya anda simak ulasan berikut agar lamaran yang anda kirim bisa tersusun benar.

Panduan Cara Membuat Lamaran Lewat Email Yang Benar
goodchoice.id

Cara Membuat Lamaran Lewat Email Yang Benar

Dalam membuat lamaran kerja yang akan dikirim dengan email, maka anda perlu menyiapkan seperti CV yang baik serta menarik, scan (ijazah, daftar nilai, KTP), pas poto sesuaikan dengan permintaan perusahaan, scan juga sertifikat yang diminta seperti ISO dan surat lamaran. Pastikan file yang akan dikirim tidak berukuran besar dan tidak mengubah file asli dengan mengeditnya.

Persiapan Membuat Lamaran Lewat Email

Persiapkan seluruh dokumen yang diperlukan seperti yang dijelaskan diatas dengan format yang sudah ditentukan seperti “doc”, “pdf”, dan juga “jpeg”. Sebaiknya anda menggunakan nama email dengan nama asli anda, bukan nama yang alay.

Gunakan Gmail dan Yahoo untuk mengirim lamaran, namun disarankan untuk menggunakan Gmail. Kedua email ini sebenarnya banyak digunakan untuk mengirim email. Kemudian pastikan anda mengirim email pada jam kerja perusahaan dan tentunya saat masih ada lowongan kerja.

Melamar Kerja Dengan Email Yang Benar

Pastikan isi dan alamat email perusahaan benar. Jangan sampai satu huruf salah karena bisa menyebabkan lamaran email anda tidak terkirim ke email perusahaan yang anda inginkan.

Perhatikan isi dan subjek email sudah benar. Banyak perusahaan yang mengharuskan para pelamar mencantumkan posisi yang dilamar di dalam subjek email. Perusahaan menginginkan itu agar memudahkan dalam mengetahui lamaran para pekerja.

Tulis lamaran kerja di body email dengan singkat dan lengkap agar tidak terkesan bertele-tele. Menulis di body email bertujuan agar perusahaan cepat membaca dan tidak perlu mengunduh lamaran anda.

Harus dipastikan semua persyaratan sudah lengkap yang diminta perusahaan. Anda juga harus memastikan bahwa file anda tidak lebih dari 2 MB. Cek juga tujuan email agar tidak salah.

Tambahkan signature atau tanda tangan pada lamaran email anda. Ini akan mempermudah HRD untuk menghubungi anda jika lamaran anda lolos. Signature dilengkapi dengan alamat email, nama lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan informasi kontak anda lainnya.

Alasan Beberapa Perusahaan Mengabaikan Lamaran Anda

Baru-baru ini para pelamar kerja tak perlu susah payah untuk datang ke perusahaan guna melamar. Sayangnya, para pelamar sering tidak memperhatikan etika dan tata cara membuat lamaran lewat email dengan baik.

Alasan HRD suatu perusahaan mengabaikan lamaran anda biasanya anda kurang lengkap dalam mengirim persyaratan kerja. Saat menulis CV yang salah juga akan mempengaruhi lamaran diabaikan.

Buat CV anda sesuai dengan posisi yang ada di perusahaan. Jangan sampai memberikan informasi yang tidak ada kaitannya dengan posisi kerja.

Jika anda tidak memperhatikan dengan benar, maka posisi yang anda inginkan di perusahaan bisa terbuang sia-sia karena ketledoran anda sendiri.

Anda bisa melihat di beberapa layanan internet sebagai referensi cara membuat lamaran lewat email, sebelum anda mulai membuat lamaran kerja. Biasanya sudah tertera contoh-contoh yang bisa anda jadikan patokan alam pembuatan lamaran.