Cara Buka Kunci Pola Android yang Lupa Dengan Forgot Pattern

Posted on

Demi menjaga keamanan privasi, maka seseorang akan menggunakan sistem kunci HP dengan memakai password. Salah satu yang yang bisa digunakan adalah dengan bentuk pola. Dengan menggunakan password ini, pengguna hanya perlu menghubungkan titik satu dengan yang lain membentuk pola tertentu. Jika pengguna lupa polanya, tentu menjadi hal yang tidak diinginkan bukan? Untuk itu, ketahui cara buka kunci pola Android yang lupa.

Cara Buka Kunci Pola Android Yang Lupa Dengan Forgot Pattern
seruni.id

Cara Buka Kunci Pola Android yang Lupa

Untuk bisa mengamankan ponsel, biasanya menggunakan pola. Hal ini sering dilakukan jika ada anak-anak yang bisa memainkan ponsel orang tuanya dan di dalam ponsel tersebut ada dokumen penting yang rawan hilang. Untuk itu, biasanya menggunakan password pola menjadi solusi mengamankan dokumennya.

Namun tidak sedikit orang yang bisa lupa mengenai pola password ponsel. Kasus mengenai pola hp yang lupa biasanya akan terjadi jika pengguna sudah lama tidak menggunakan ponsel tersebut atau bisa saja ada yang hack ponsel. Nah, untuk mengatasi permasalahan pola yang lupa, maka bisa perhatikan ulasan berikut ini.

Forgot Pattern

Cara buka kunci pola Android yang lupa, pertama menggunakan Forgot Pattern. Fitur ini bisa digunakan jika sudah berulang kali gagal memasukkan pola ponsel dengan tingkat keamanan untuk membuka lock screen. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan koneksi internet stabil dengan akun Gmail yang sudah terdaftar.

Tahap pertama, masuk ke dalam menu Forgot Pattern. Lalu lakukan sign in dengan menggunakan akun Gmail yang terdaftar dalam smartphone. Nantinya pengguna akan diminta untuk mengganti pola yang dimiliki. Apabila pola sudah diganti, nantinya pengguna akan berada di halaman utama. Pengguna bisa menggunakan pola ini untuk lebih lanjut atau menonaktifkan fitur ini.

Find My Device

Untuk cara buka kunci pola Android yang lupa bisa menggunakan website Find My Device lewat PC. Cara ini cukup mudah dilakukan dengan tidak menghapus data-data di dalamnya. Pertama, masuk ke aplikasi browser PC, kunjungi Find My Device. Untuk bisa masuk, gunakan akun Gmail yang terdaftar di ponsel.

Nantinya akan ada tiga pilihan yang muncul seperti Play Sound, Secure Device, dan juga Erase Device. Kemudian pengguna bisa memilih Secure Device untuk membawa ke halaman pengaturan agar membuka pola. Pengguna selanjutnya bisa mengubah pola yang akan digunakan. Jika sudah selesai mengubah pola kembali ke ponsel pengguna, nantinya masih akan terkunci namun pengguna bisa membukanya dengan pola yang baru.

Lockscreen Crash

Jika ponsel yang terkunci ini menggunakan versi Lolipop atau Android 5.0 hingga 5.1.1, pengguna bisa menggunakan bug untuk mencari celah keamanan untuk membuat lockscreen crash. Untuk itu, lakukan hal pertama dengan membuka menu Emmergency Call. Selanjutnya, masukkan * di dialer sampai sudah tidak bisa ditambahkan lagi.

Lalu tinggal copy semua karakter tadi dan buka akses kamera pada lock screen. Kemudian pengguna bisa menarik notifikasi bar untuk membuka pengaturan. Nah, langkah selanjutnya, masih dengan dimintai membuka pola. Maka paste karakter tadi yang menyebabkan lock screen crash dan pengguna bisa masuk ke tampilan pertama ponsel. Ini bisa menjadi cara buka kunci pola Android yang lupa.

Safe Mode Android

Jika masalah mengenai kunci yang lupa disebabkan oleh pihak ketiga, maka pengguna bisa menggunakan safe mode untuk bisa menonaktifkannya. Meski tiap ponsel berbeda, namun secara umum sama. Langkah pertama, matikan ponsel dengan menekan tombol power. Selanjutnya, akan muncul pilihan untuk restart atau power off.

Pengguna bisa memilih power off hingga muncul tulisan reboot to safe mode dan klik OK. Ponsel akan ke mode restart serta kembali ke safe mode. Disini pengguna bisa uninstall aplikasi lock screen untuk pihak ketiga dengan masuk kembali ke normal. Dimana dengan cara masuk melalui restart.

Factory Reset

Jika semua cara tidak bisa digunakan, maka cara terakhir yang bisa dilakukan dengan factory reset. Matikan ponsel, masuk ke mode recovery dengan menekan tombol volume down dan power secara bersama. Masuk ke dalam recovery mode dengan menggerakkan menggunakan pilihan volume. Pilih wipe data/ factory reset lalu power, maka ponsel akan masuk ke proses reboot system now. Cara buka kunci pola Android yang lupa ini menjadi cara terakhir yang bisa digunakan.