6 Aplikasi Video Conference Free, Lancar Pembelajaran

Posted on

Minggu 15 Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah memberikan himbauan kepada pihak sekolah untuk melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah demi menghentikan penyebaran virus Corona. Aplikasi video conference free paling banyak dicari untuk melancarkan kegiatan belajar.

6 Aplikasi Video Conference Free, Lancar Pembelajaran
Industry.co.id

Aplikasi Video Conference Free, Bisa Jadi Pilihan

Beberapa sekolah dan usaha berskala kecil terpaksa menggunakan teknologi untuk pembelajaran dan rapat online. Bagi mereka yang tidak terbiasa untuk belajar dan rapat secara online, maka akan merasa kebingungan.

Mereka akan memburu layanan yang bersifat gratis. Berikut beberapa layanan aplikasi video yang mudah untuk digunakan oleh orang awam.

1. Webex

Aplikasi Webex ini merupakan layanan yang dimiliki Cisco yang notabene adalah sebuah perusahaan besar. Webex memang ditujukan untuk perusahaan besar, akan tetapi layanan ini juga sangat cocok untuk kalangan pelajar dengan jarak yang jauh.

Tampilan yang cukup sederhana membuat Webex bisa digunakan dengan laptop, komputer, bahkan smartphone. Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi ini lewat browser.

Tersedia berbagai macam fitur seperti chat, video chat, dan audio chat. Ini tergantung pada jenis browser yang digunakan. Hasil file dari Webex ini slide Powerpoint serta Whiteboard.

2. Discord

Discord ini pasti sudah sangat familiar untuk para gamer. Adanya fitur video chat dan voice chat, membuat tampilan Discord lebih menarik ditambah sticker dan emoji.

Discord ini juga mudah untuk digunakan karena bisa dipakai pada laptop, komputer dan smartphone anda. Untuk bisa memakai layanan Discord, anda harus mengunduh dulu di browser.

Namun sayangnya, pada fitur video chat hanya bisa dipakai di peramban Google Chrome saja. Hasil Discord ini berupa file yang menampilkan slide Powerpoint.

3. Microsoft Teams

Layanan Microsoft Teams ini dirasa paling lengkap karena dilihat dari segmen pengguna yang berada di tahap akrab dengan teknologi. Layanan Discord merupakan salah satu yang mudah untuk digunakan.

Fitur yang menarik membuat Microsoft Teams bisa terintegrasi langsung dengan aplikasi Office 365. Namun bagi pengguna jika ingin mengakses, maka pengguna harus berlangganan lisensi aplikasi.

Adanya pandemik Corona ini, Microsoft merupakan layanan yang menggratiskan video conference demi melancarkan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

4. Google Classrom

Aplikasi video conference free selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah Google Classroom. Aplikasi yang bisa membantu guru atau pengajar untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Bisa lebih menghemat waktu guru dalam membuat salinan Google Docs secara otomatis untuk para siswa.

Classroom bisa membuat folder Drive yang terintegrasi pada setiap tugas para siswa. Banyaknya fitur yang bisa digunakan misalnya kalender untuk pengaturan waktu ujian, sedangkan Google Form bisa untuk membuat kuis atau soal ujian.

5. Join.me

Software yang satu ini bisa dibilang baru dan cocok untuk pertemuan kecil dan memiliki versi gratis untuk individu karena fiturnya yang terbatas.

Peserta untuk layanan ini hanya untuk tiga orang saja. Untuk itu, layanan ini kurang cocok jika digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dengan peserta banyak.

6. Cyberlink U Meeting

Cyberlink U Meeting yang bisa anda pakai karena memiliki versi gratis. Pengguna bisa menggunakan layanan ini maksimal 25 orang dengan kapasitas 2 GB penyimpanan cloud. Cyberlink U Meeting bisa digunakan dari komputer sampai smartphone anda.

Menkominfo Johnny G Plate telah meminta kepada seluruh operator telekomunikasi supaya meningkatkan kualitas jaringan layanan internet. Seperti meningkatkan bandwith atau kapasitas jaringan. Hal ini guna mendukung beberapa aplikasi video conference free.