Aplikasi Meeting Online Gratis, Solusi Cepat Jarak Jauh

Posted on

Di tengah maraknya fenomena virus Corona atau Covid-19, tak sedikit orang yang menggunakan berbagai macam aplikasi meeting online gratis. Dengan adanya platform ini, banyak orang yang terbantu di dalam pekerjaannya.

Pemerintah telah mengeluarkan himbauan mengenai sistem Work From Home guna mencegah penyebaran virus Corona. Adanya himbauan ini membuat kebiasaan yang biasanya rapat secara natural, maka bisa menyesuaikan dengan sistem virtual.

Aplikasi Meeting Online Gratis, Solusi Cepat Jarak Jauh
Detik.com

Beberapa Aplikasi Meeting Online Gratis

Teknologi yang sangat maju memudahkan manusia bisa melakukan rapat dengan online. Caranya hanya dengan sediakan laptop anda, koneksi internet, dan tinggal pilih beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk teleconference.

1. Skype

Aplikasi Skype ini berbasis video dan suara dengan hasil dari Microsoft serta sangat familiar untuk digunakan rapat online. Tidak perlu menginstal dulu karena sudah berbasis web. Hasil percakapan bisa langsung tersimpan di Mail BOx Outlook menurut urutan tanggal.

Dalam versi gratis ini hanya bisa digunakan maksimal untuk video call 50 orang. Sedangkan untuk versi business akan terintegrasi dengan email Microsoft Outlook. Dengan ini, peserta yang sedang video call bisa sekaligus mengirim email kepada peserta lain.

Agar bisa digunakan untuk telepon, maka pengguna harus membayar biaya minimal Rp 28 ribu per bulan. Aplikasi Skype akan eror jika melebihi batas maksimal peserta.

2. Google Hangouts Meet

Setelah berganti nama, Google Hangouts Meet yang awalnya bernama Google Hangout, telah dilakukan berbagai pembaharuan. Aplikasi ini terintegrasi dengan Gmail, Google Calender dan ekosistem Google lainnya.

Google Hangouts Meet bisa digunakan sampai 50 orang. Layanan ini tidak terintegrasi dengan layanan di luar Google seperti Cloud Storage Dropbox atau Office 365. Sehingga pengguna hanya bisa menggunakan Google Doc sampai Sheet saja.

3. WhatsApp

Aplikasi meeting online gratis selanjutnya adalah WhatsApp. Selain untuk bertukar pesan, layanan ini juga telah meluncurkan fitur video call untuk rapat online tahun 2018 lalu.

Sangat mudah untuk digunakan karena hampir semua orang menggunakan layanan WhatsApp. Namun perlu diingat bahwa WhatsApp hanya bisa digunakan untuk video call sebanyak empat orang saja. Ini sangat tidak cocok untuk digunakan perusahaan besar.

4. Jitsi Meet

Platform berbasis open-source sehingga layanan ini bisa untuk 75 peserta. Untuk bisa menggunakan layanan ini, pengguna hanya perlu mengunjungi tautan.

Tulis nama ruangan vitual yang ingin anda gunakan di kolom Start A New Meeting dan tekan Go. Setelah itu, anda akan diberi tampilan ruangan Jitsi. Tinggal salin dan bagikan tautan pada peserta rapat.

5. 8×8

Sama halnya dengan Skype, layanan ini juga berkapasitas sampai 50 orang dan dengan waktu yang unlimited. Layanan 8×8 ini akan mudah digunakan jika anda mengklik tautan dan memasukkan nama ruangan yang telah tersedia. Tekan tombol Start Meeting agar bisa memulai panggilan video teleconference.

6. Zoom

Layanan aplikasi ini hanya gratis 40 menit saja, namun tetap bisa digunakan untuk banyak peserta sampai 1000. Jika anda menginginkan durasi yang lebih panjang, maka anda harus membayar setiap bulan.

7. Talky

Aplikasi meeting online gratis yang satu ini tampilannya sangat sederhana. Berbeda dengan layanan lain, peserta Talky ini sangat terbatas yaitu hanya bisa untuk 6 peserta saja.

Agar layanan bisa digunakan, anda tinggal mengunjungi tautan dan memasukkan nama ruangan yang ingin anda gunakan. Untuk memulai rapat, anda tekan Start A Chat. Setelah itu, ruangan virtual akan terbuat dan bisa dikunjungi peserta lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.