Cara Cek KTP Via Internet Melalaui Web Terbaru 2023

Cara Cek KTP Via Internet Melalaui Web Terbaru – Pasti sangat beruntung bagi kalian yang hidup di zaman srkarang ini, karena sekarang teknologi sudah semakin maju saja. Sekarang kita sudah dipermudah untuk mengaces segala kebutuhan kita, dari pekerjaan kebutuhan dan bahkan sekarang kita bisa mengeceka e-KTP melalui internet loh.

Sangat mudah bukan hidup di zaman seakrang, karena tidak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor Dindukcapil untuk mengecek e-KTP.

Pasalnya Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) telah membuka jasa layanan cek e-KTP melalui website resminya kita bisa ngecek melalui via internet. Bahkan cara untuk Cara Cek ktp Via Internet cukup dengan masukan nomer NIK saja.

Kalian juga bisa baca Cara Merubah Kuota Malam Indosat Untuk Internetan 24 Jam

Tentunya belum banyak orang yang belum tahu, bila untuk cek e KTP atau KTP elektronik itu bisa melalui via online. Bahkan masih banyak pula orang yang belum mengetahui cara cek KTP via internet, selain belum tahu akan informasi tersebut.

Terutama bagi masyrakat yang sudah berumur atau masyarakat yang belum mengenal dengan internet. Nah untuk kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi cari cek KTP via online kepada kalian semuanya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, dapat kalian simak langsung saja cek ulasan yang telah kami persiapkan berikut ini.

Cara Cek ktp Via Internet Terbaru

Cara Cek KTP Via Internet Terbaru 2018
Cara Cek KTP Via Internet Terbaru

Cara cek KTP via internet memang sangat mudah sekali, kalian cukup buka smartphone, laptop atai komputer kalian semua. Setelah itu masuk broswer dan akses halaman ini dukcapil.kemendagri.go.id

Setelah itu kalian akan diperintahkan untuk memasukun nomer nik kalian. Nah untuk mengetahui secara detailnya, dapat kalian simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan berikut ini.

1. Masuk Website Resmi Kemendagri

Untuk langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah ambil smartphone atau laptop kalian, kemudian masuk broswer. Setelah itu ketik saja dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik, setelah kalian klik nanti akan terdapat kolom yang kosong. Kemudian kalian akan diperintahkan untuk memasukan nomer NIK kalian, setelah itu tekan cek dan tunggu beberapa saat.

2. Masukan Nomer NIK

Setelah kalian memasukan nomer nik anda, kemudian langsung tek saja Cek yang berada dibawah kolom sebelah kanan. Setelah kalian tekan cek, tunggu beberapa saat dan tunggu sampai di proses. Apabila e-KTP anda seudah terdaftar, akan ada data lengkap anda.

Catatan : Jika KTP anda belum terdaftar, sebaiknya kalian datang saja ke kantor kelurahan untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya. Dan sebaiknya segera di proses agar terdaftar di Kemendagri.

Berikut ini catatan resmi dari Kementrian Dalam Negeri Indonesia :

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, yakni Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, Untuk pengecekan NIK bisa dilihat hanya melalui website resmi dukcapil. Aplikasi di smartphone bernama Cek KTP, kata dia bukanlah aplikasi resmi dari pemerintah sehingga datanya tak valid.

“Kalau mau cek KTP yang resmi, hanya bisa malaui website dukcapil. Sejauh ini, Kemendagri memang belum menyediakan versi aplikasi di playstore ataupun apple store, karena keamanan data KTP ini harus terjamin,” kata Zudan, Selasa (29/3).

Untuk keamanan Data Center Kemendagri saya memastikan tidak terjadi kebocoran data. Namun, ia juga memastikan data yang dipakai pada aplikasi CEK KTP pada smarphone itu bukan berdasarkan data Kemendagri sehingga wajar masyarakat Indonesia tak menemukan identitasnya di sana.

Zudan juga menambahkan, informasi ini harus disampaikan kepada masyarakat, karena banyak komplain yang diterima dari masyarakat terkait ketidakakuratan aplikasi itu. Selain itu, aplikasi tersebut dinilai tak memperbaharui data, sehingga banyak orang yang cek NIK KTP Elektronik tak terbaca di pada aplikasi itu.

Demikianlah cara cek KTP via Internet yang bisa kami sampaikan untuk kalian semuanya, cara cek NIK KTP melalui online atau internet memang sangat mudah sekali kok. Apabila nomor NIK ana semua belum terdaftar, sebaiknya segera kalian cari informasi secepatnya agar segera terdaftar.Kalian juga bisa baca juga Cara Mengubah Kuota 4G ke 3G XL Terbaru Mungkin cukup sekain yang bisa kami sampaikan untuk kalian semu, semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk kalian semunya.